Anti Aliasing Dalam Game, Apa Itu?

Advertisements
Anti Aliasing Dalam Game, Apa Itu?
Advertisements

Anti-aliasing diartikan sebagai item yang harus dimiliki dalam pengaturan grafis saat memainkan game 3D di PC maupun Mobile. Tergantung pada seberapa tinggi atau rendah pengaturan ini, beban pada kartu grafis akan sangat bervariasi. Di setelan grafis, ini merupakan item pengaturan yang cenderung paling banyak memakan daya. Anti Aliasing dalam game, dijelaskan lebih lanjut di sini.

Apa itu anti aliasing dalam game?

Pernahkah Kamu melihat kurva miring berubah menjadi garis bergerigi ketika gambar beresolusi rendah ditampilkan di layar HP atau monitor komputer? Anti aliasing dalam game adalah teknologi pemrosesan yang membuat garis patah-patah ini sehalus mungkin.

Ada pengaturan tinggi dan rendah untuk anti-aliasing ini, dan semakin tinggi angkanya (2x, 4x, 8x, 16x), akan semakin halus, tetapi juga akan menambah beban kerja pada kartu grafis. Kekuatan ini juga dapat diubah dalam banyak kasus dalam pengaturan grafis di game.

Tipe-tipe anti aliasing

Ada beberapa jenis metode pemrosesan untuk anti aliasing. Tergantung pada metode pemrosesan, tingkat resolusi bergerigi berbeda, dan beban pada perangkat juga berbeda.

Anti-aliasing sampel super (SSAA)

SSAA selanjutnya membagi piksel dari gambar yang diprosesnya. Ini kemudian mencampur warna dari subpiksel yang dibagi dan mengubah warna campuran menjadi warna piksel asli. Akibatnya, transisi warna antara piksel yang berdekatan dihaluskan dan jaggies kurang terlihat. Sebagai proses anti aliasing, kualitas gambar sangat tinggi, namun kekurangannya adalah bebannya sangat berat karena proses pembagian piksel, penghitungan, dan pengembaliannya dilakukan untuk jumlah piksel yang sangat banyak.

Multi-Sampel Antialiasing (MSAA)

Prinsip MSAA dan SSAA mirip, yaitu membagi piksel dan menghitung subpiksel yang dibagi, tetapi cara penghitungannya berbeda. MSAA diposisikan sebagai versi perbaikan dari SSAA dan merupakan metode pemrosesan khusus untuk menghilangkan jaggies pada objek, tetapi tidak menangani jaggies pada tekstur objek itu sendiri. Bobotnya sedikit lebih ringan daripada SSAA karena memiliki komputasi yang lebih sedikit dibandingkan dengan SSAA.

Anti-aliasing proxy mate cepat (FXAA)

FXAA mendukung jaggies tekstur yang tidak dapat ditangani oleh MSAA. Alih-alih membagi piksel seperti pada SSAA dan MSAA, jaggies dideteksi dan dihilangkan dengan menghitung perbedaan luminansi di sekitar piksel. Ringan karena tidak ada pemrosesan pembagian piksel, dan tekstur bergerigi juga dihilangkan, sehingga dapat digambar dengan lancar.

Antialiasing Perkiraan Temporal (TXAA)

TXAA juga merupakan versi MSAA yang ditingkatkan, dan juga mendukung tekstur jaggies. Bahkan setelah menghilangkan jaggies, itu dirancang untuk menggambar kurva yang terlihat alami bagi mata manusia, menghasilkan anti-aliasing yang lebih halus.

Jika kamu ingin menghemat daya dan mengurangi lag, matikan anti-aliasing

Dengan cara ini, anti-aliasing menangani bergerigi dengan baik dengan perhitungan agar terlihat lebih halus. Anda dapat dengan mudah melihat perbedaannya jika Anda membandingkan status anti-alias yang sebenarnya dan status non-anti-alias.

Anti-aliasing sangat menuntut pada kartu grafis dan kekuatan pemrosesan CPU. Penurunan framerate selama bermain sering disebabkan oleh terlalu banyak anti-aliasing. Dalam kasus seperti itu, mematikan anti-aliasing dapat meningkatkan kecepatan frame.

Bila kamu mendisable anti-aliasing dari awal, Kamu mungkin tidak menyadarinya secara tiba-tiba. Tentu saja anti-aliasing sangat bagus untuk pengalaman visual terbaik. Harap pertimbangkan spesifikasi dan frame rate ponsel juga laptop Kamu dan sesuaikan anti-aliasing-nya.

Demikian penjelasan secara utuh tentang anti aliasing dalam game. Dapatkan kabar terkini terkait teknologi lainnya di Mlipir ID.